Teknik Elektro Universitas Widyatama Memberikan Solusi Untuk Sistem Tata Suara Pada Rumah Ibadah (Masjid) di Ciparay Kabupaten Bandung

Kabupaten Bandung – Masjid merupakan rumah ibadah umat muslim yang sering digunakan untuk berbagai aktifitas positif, selain ibadah rutin shalat lima waktu adapaun aktifitas berupa ceramah, mentoring, mengaji, kegiatan akad nikah, perayaan hari besar dan lainnya. Untuk mendukung berbagai kegiatan tersebut maka masjid perlu didukung oleh sarana dan prasarana yang baik, salah satunya adalah sistem tata suara yang baik. Sistem tata suara yang baik haruslah memenuhi standar yang telah diterapkan dari Instruksi Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Nomor Kep/D/101/1978 tentang Penggunaan Pengeras Suara di Masjid, Langgar, dan Musala.?Selain itu kita perlu memperhatikan konstruksi elektrikalnya untuk instalasi tata suara yang akan digunakan guna mendapatkan suara yang berkualitas secara keseluruhan.

Sosialisasi yang berhubungan dengan sistem tata suara khususnya untuk rumah ibadah saat ini dirasa sangat kurang, hal ini berdampak kepada hasil kualitas suara yang dihasilkan. Berdasarkan hal tersebut, Program Studi Teknik Elektro Universitas Widyatama mengadakan pengabdian kepada masyarakat yang bertajuk Sosialisasi Sistem Tata Suara dan Studi Sistem Akustik Pada Rumah Ibadah (Masjid) di Desa Ciheulang, Kecamatan Ciparay, Kabupaten Bandung, pada hari Jumat 3 Maret 2021.

Sosialisasi yang dilaksanakan bertujuan untuk memberikan wawasan kepada masyarakat umum mengenai sistem tata suara dari sisi teknologi elektro beserta dengan aturan yang terkait.

Program pengabdian kepada masyarakat ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh Program Studi Teknik Elektro Universitas Widyatama, yang bertujuan untuk memberikan wawasan dan rekomendasi ilmiah serta regulasi terkait kepada masyarakat, ujar Ase Suryana, S.Si., M.T. selaku Ketua Program Studi Teknik Elektro.

Dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat kali ini Program Studi Teknik Elektro Universitas Widyatama melakukan kegiatan sosialisasi dan pemberian sistem set akustik untuk dalam ruang masjid. Hal ini tentu saja mendapat apresiasi positif dari warga.

Sementara itu, Saepudin selaku Ketua DKM Masjid Al-Fadilah di Desa Ciheulang, Kecamatan Ciparay, Kabupaten Bandung, merasa sangat senang dan berterima kasih dengan adanya kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh Program Studi Teknik Elektro Universitas Widyatama.

Kami berharap kegiatan seperti ini akan semakin banyak karena masyarakat senang mendapatkan informasi dan mengetahuan yang baru, serta dapat langsung mengimplementasikannya dikehidupan sehari-hari, ujar Saepudin selaku Ketua DKM Masjid.

Pada kegiatan pengabdian kepada masyarakat kali ini Program Studi Teknik Elektro Universitas Widyatama menyerahkan satu set perlengkapan sistem akustik untuk ruangan dalam masjid di Masjid Al-Fadilah di Desa Ciheulang, Kecamatan Ciparay, Kabupaten Bandung.

Poster Regulasi Pemerintah Mengenai Tuntunan Penggunaan Pengeras Suara

 

Gambar Proses Instalasi & Speaker yang sudah diinstalasi untuk sistem akustik ruangan

Comments are closed.